Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Tips Cerdas Perempuan Atasi Stres Atur Keuangan

Monday, 10 January 2022


Penulis : Fikry Muhtadi

 

JAKARTA - Gaji pas-pasan, tapi banyak kebutuhan dan keinginan. Inilah masalah sehari-hari yang sering dialami dan dirasakan orang. Khususnya buat kalian para moms-milenial.

 

Pastinya, banyak banget kebutuhan dan keinginan keluarga yang pengin dipenuhi. Sementara, pendapatan bulanan kalau dihitung-hitung seringkali tidak klop alias tidak seimbang dengan biaya kebutuhan keluarga.

 

Alhasil, kenyataan tersebut membuat banyak perempuan moms-milenial sering sakit stres memikirkan keuangan keluarga. Buktinya, hasil survei Fidelity Investment Inc di Amerika Serikat menemukan bahwa sekitar 70% perempuan mengalami stres tentang keuangan mereka.

 

Sebagaimana dilaporkan CNBC tahun lalu, secara keseluruhan sekitar 60% responden perempuan mengaku jauh lebih stres selama pandemi. Hal ini dikontribusi oleh berbagai faktor termasuk masalah keuangan sehari-hari, terutama tentang tabungan dan investasi jangka panjang.

 

Untuk mengatasi stres tersebut, survei itu menyarankan pentingnya cara mengatur keuangan. Tapi masalahnya, bisa nggak sih mengatur keuangan dengan gaji pas-pasan? Bagaimana caranya untuk bisa mengatur keuangan itu?

 

Pastinya bisa kalau kalian mau. Buktinya, ada moms-milenial alias emak-emak muda dengan gaji bulanan sebesar Rp2,7 juta berhasil mengatur keuangan untuk sejumlah kebutuhan selama sebulan.

 

Perempuan dengan pemilik akun Instagram @feti_ira36 itu mencatat secara rinci pengeluaran kebutuhan keluarganya. Mulai dari kebutuhan angsuran rumah, bayar tagihan listrik, bayar sekolah anak hingga kebutuhan dana darurat dan uang sedekah.

 

Nah, ternyata apa yang dilakukan oleh @feti_ira36 ini sudah dilakukan dan menjadi tradisi di Jepang. Di negeri Matahari Terbit ini, cara mereka mengatur keuangan untuk ibu ibu rumah tangga dikenal dengan istilah Kakeibo. Yakni, mengatur keuangan dengan menggunakan buku besar atau catatan keuangan rumah tangga. Metode ini diperkenalkan sejak 1904 dan telah menjadi budaya keuangan bagi kalangan perempuan di Jepang.

 

Bagaimana sistem Kakeibo itu dibuat? Pada prinsipnya ada empat langkah yang perlu dilakukan dalam mengatur keuangan.

 

Pertama, membuat catatan pemasukan di awal bulan. Ini terdengar sepele tapi ini justru menjadi awal mula kita bisa hidup hemat. Pasalnya, dengan kita tahu berapa jumlah pemasukan di awal bulan kita bisa membayangkan kira kira bisa bertahan sampai kapan.

 

Kedua, sisihkan dulu uang yang akan ditabung atau diinvestasikan. Di Jepang yang namanya investasi itu sudah tidak asing terdengar bahkan sudah menjadi budaya atau bagian mereka sehari hari. Agar di masa depan nanti mereka punya kebutuhan yang mencukupi untuk keperluan sehari hari.

 

Ketiga, membuat catatan pengeluaran dan mengalokasikan uang pengeluaran itu dalam beberapa amplop. Misalnya, amplop 1 untuk kebutuhan pokok dahulu, amplop 2 untuk kebutuhan-kebutuhan sekunder dan amplop 3 untuk kebutuhan lain-lain dan amplop berikutnya untuk kebutuhan self-reward.

 

Keempat, melakukan evaluasi rutin setiap akhir bulan. Dengan melakukan evaluasi ini kamu bisa hitung lagi ada sisa berapa dan kemudian dihitung lagi untuk investasi di bulan ke depan, agar kamu bisa meng-upgrade finansial kamu.

 

Nah khusus buat kamu perempuan yang masih kesulitan mengatur keuangannya yuk coba tiru gaya Kakeibo sederhana itu! Dengan cara ini, selain kondisi keuangan lebih aman kamu bisa menyiapkan masa depan yang lebih ceria dengan rutin berinvestasi.

 

Ingat ya ungkapan ini buat pegangan kamu. "Sedikit belum tentu kurang dan banyak belum tentu cukup".

 

Gimana menurut pendapat kamu nih? Tenang aja kalau kamu belum mulai, tidak ada kata terlambat. Mulai aja sekarang. Nah, PNM Sijago siap membantu kamu meningkatkan level keuangan kamu dengan investasi di reksa dana.

 

Kamu pengin informasi lebih lanjut? Kamu bisa kok tinggal download aplikasi PNM Sijago atau cek aja di website www.sijago.pnm.com

 

(ENR/SPY)