Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Suku Bunga Bertahan, Prospek Reksadana Pendapatan Tetap Masih Positif

Thursday, 21 October 2021


JAKARTA - Bank Indonesia mempertahankan suku bunga acuan pada level 3,5% pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) awal pekan ini. Meski demikian, kinerja reksadana pendapatan tetap diproyeksikan masih akan tetap positif walau ada potensi fluktuasi harga.


Manajer investasi Rudiyanto mengatakan, BI memang dalam posisi yang tidak perlu terburu-buru untuk menaikkan suku bunga acuan seiring dengan inflasi yang rendah dan sangat terkendali. Apalagi, saat ini diperlukan kebijakan yang lebih longgar untuk memacu pemulihan ekonomi dalam negeri.


Menurut dia, tekanan untuk menaikkan bunga hampir sepenuhnya dari eksternal, yakni ketika ada tanda-tanda Amerika Serikat akan menaikkan suku bunga acuan. Saat ini, fokus pasar adalah seperti apa pengumuman dan teknis pelaksanaan tapering.


“Tapering inilah yang akan berpeluang memberi pengaruh terhadap kinerja reksadana pendapatan tetap karena akan membuat harga berfluktuasi dalam waktu dekat,” katanya.


Walau begitu, Rudiyanto meyakini untuk akhir tahun ini, yield wajar surat berharga negara (SBN) acuan 10 tahun akan berada di kisaran 6%-6,3%. Jadi, meski terjadi fluktuasi harga akibat sentimen tapering, yield pada akhir 2021 tidak akan di luar rentang tersebut.


Rudiyanto menambahkan, return reksadana pendapatan tetap hingga year to date (15 Oktober) sekitar 1,8%. Sehingga, kemungkinan sampai akhir tahun bisa mencapai sekitar 3% untuk full year karena adanya kontribusi kupon. 


Untuk tahun depan, pasar obligasi akan jauh lebih penuh tantangan. Hal ini tidak terlepas dari potensi angka inflasi yang lebih tinggi serta adanya kemungkinan kenaikan suku bunga acuan pada paruh kedua tahun depan. 


“Namun gejolaknya akan lebih banyak di semester kedua 2022 dibandingkan semester pertama 2021 dengan asumsi tidak ada perubahan yang signifikan seperti kenaikan bunga dipercepat atau nominal tapering yang lebih besar,” imbuh dia.


Dikutip dari Sumber : Kontan.co.id