Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Reksa Dana Saham Siap Tancap Gas

Monday, 18 October 2021


JAKARTA – Perbaikan kinerja reksa dana saham beberapa waktu ini menimbulkan optimisme di kalangan manajer investasi untuk pertumbuhan kinerja di kuartal akhir tahun ini karena perbaikan ekonomi yang menjadi penggerak utamanya.  


Manajer investasi Antony Dirga mengungkapkan optimisme kinerja reksa dana saham tentu tidak lepas dari optimisme yang ada pada pasar saham di Tanah Air saat ini.  


Pasar saham di Indonesia saat ini memiliki momentum yang cukup baik dikarenakan beberapa faktor. Di mana faktor utamanya adalah roda perekonomian yang saat ini mengalami kebangkitan pasca pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).  


“Roda perekonomian yang bergerak positif tentu saja menjadi motor utama penggerak pasar pada saat ini,” jelasnya.  


Selanjutnya, Antony memaparkan bahwa adanya energy crunch yang terjadi secara global yang kemudian menempatkan Indonesia pada posisi yang unik. Di mana sebagian dari perekonomian Tanah Air berdasarkan komoditas.  Saat harga komoditas-komoditas ini naik, maka akan menjadi penyokong tambahan bagi kinerja pasar modal. 


Ketika kenaikan harga tersebut berlanjut, mini commodity super cycle ini bisa berimbas positif pada perekonomian Indonesia di bulan-bulan yang akan datang.  


Indonesia juga dinilai berhasil memposisikan Indonesia menjadi pasar yang menarik untuk penempatan dana.  “Masuknya dana investor asing secara agresif beberapa minggu terakhir saya kira merupakan clear statement dari mereka tentang bagaimana mereka melihat posisi Indonesia yang optimal dalam kondisi ekonomi global,” papar Antony.  


Sementara itu, untuk tantangan maupun risiko investasi reksa dana saham memang masih ada tetapi menurutnya pengaruhnya relatif masih kecil dan sudah diketahui dari beberapa waktu sebelumnya.  


Dikutip dari Sumber : Bisnis.com