Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Produk ETF Berpotensi Jadi Investasi Optimal di Masa Pandemi

Thursday, 24 June 2021


JAKARTA - Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) cenderung berfluktuasi di tengah pandemi yang masih berlanjut. Meski demikian, produk exchange traded fund (ETF) atau reksa dana yang dapat diperdagangkan bisa menjadi alternatif investasi yang berpotensi memberikan hasil optimal. 


Pelaku manajer investasi Camar Remoa memperkirakan kinerja pasar saham kembali membaik pada semester kedua 2021. Sehingga, demand investasi yang sempat turun pada 2020 segera naik kembali. 

“Ada beberapa faktor pendukung seperti pemulihan ekonomi secara gradual, distribusi dan realisasi vaksinasi Covid-19, serta mayoritas bank sentral global yang masih melonggarkan kebijakan fiskal maupun moneter untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,” tuturnya. 


Beberapa sektor yang dinilai cukup menarik pada 2021 adalah barang konsumsi, perbankan, dan telekomunikasi. Valuasi IHSG saat ini berada pada P/E 28,97 kali atau relatif lebih menarik dibandingkan dengan negara berkembang lain maupun negara tetangga di Asean seperti Singapura 80,6 kali dan Thailand 30,1 kali. 


“Kami meyakini target IHSG bisa mencapai 6.800 dengan forward P/E di 25,48 kali, sehingga potensi up side mencapai 14,33% (per data penutupan pasar 31 Mei 2021),” jelas Camar. 


Sumber : Investor Daily