Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Mempercantik Kinerja Reksa Dana lewat Saham Sektor Teknologi

Wednesday, 23 June 2021


JAKARTA — Di tengah kinerja saham sektor teknologi yang agresif sepanjang tahun ini, manajer investasi turut mengoleksi saham-saham tersebut dalam portofolio mereka. Diharapkan strategi ini bisa meningkatkan pertumbuhan kinerja reksa dana.


Pelaku manajer investasi Samuel Kesuma menuturkan beberapa bulan terakhir teknologi memang menjadi salah satu sektor dengan kinerja terbaik. Ini juga sejalan dengan tren yang terjadi di bursa saham global yang mana pandemi covid-19 mendorong adopsi teknologi digital dan penetrasi e-commerce dalam kehidupan sehari-hari. 


“Hal ini mendorong pertumbuhan kinerja usaha yang signifikan bagi emiten yang bergerak di bidang teknologi. Kami percaya hal ini merupakan tren yang bersifat struktural dan akan berlanjut bahkan setelah pandemi Covid-19 ini berakhir,” ujarnya.


Samuel menambahkan, memang tetap ada risiko volatilias jangka pendek di sektor teknologi seiring kinerja yang sangat signifikan, misalnya tekanan profit taking. Namun dia berpandangan dalam perspektif jangka panjang, segmen teknologi ini memiliki peran yang semakin besar dalam ekonomi. 


“Kami juga melihat dukungan dari pemerintah terhadap sektor teknologi ini karena perannya yang krusial dalam menciptakan lapangan kerja dan melayani segmen masyarakat yang selama ini belum dilayani secara optimal. Hal ini tentunya akan berdampak positif pada fundamental emiten berbasis teknologi/digital yang memiliki strategi pasar yang tepat,” tuturnya. 


Lebih lanjut, saat ini sejumlah saham-saham small medium caps dari sektor teknologi telah menjadi bagian dari portofolio MAMI. Namun tetap selektif dalam memilih saham-saham tersebut. Salah satunya dengan mengedepankan analisa komprehensif untuk menilai fundamental dan prospek masa depan perusahaan-perusahaan yang menjadi kandidat investasi.


Dikutip dari Sumber : Bisnis Indonesia