Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Terseret IHSG, Kinerja Reksa Dana Saham paling buruk Pekan Lalu

Tuesday, 22 June 2021


JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali bergerak di zona merah pada pekan lalu. IHSG pun turun 1,45% di sepekan lalu. Tak pelak, kinerja negatif IHSG turut menyeret kinerja reksa dana berbasis saham. 


Berdasarkan dari laporan Infovesta Utama yang dikeluarkan, Senin (21/6) reksa dana saham ambles 3,15% dan reksa dana campuran koreksi 1,81%. 


Sama halnya dengan IHSG, pasar obligasi juga tercatat mengalami kinerja yang kurang apik setelah Indeks Infovesta Government Bond turun 0,26%. Di sisi lain, Infovesta Corporate Bond naik tipis 0,09%.


Tetapi, kinerja reksa dana yang memang berbasis obligasi ikut turun. Tercatat, reksa dana pendapatan tetap koreksi 0,42% dalam sepekan terakhir.


Sementara, reksa dana pasar uang tercatat berhasil mengambil kesempatan dan tetap mencatatkan kenaikan tipis 0,06%. Ini membuat reksa dana tersebut menjadi satu-satunya reksa dana dengan kinerja positif di pekan lalu.


Pelaku manajer investasi Rudiyanto mengatakan koreksi kinerja ini justru perlu dimanfaatkan sebagai momentum bagi para investor untuk masuk ke reksa dana.

 

“Dengan volatilitas yang tinggi, momentum penurunan juga dapat dimanfaatkan untuk kesempatan masuk,” jelasnya.


Dikutip dari Sumber : kontan.co.id