Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Reksa Dana Offshore Kian Diminati Investor

Friday, 19 February 2021


 JAKARTA - Manajer investasi melihat minat investor terhadap reksa dana dengan denominasi dolar AS semakin meningkat seiring dengan mulai pulihnya perekonomian global. Ini mendorong penerbitan produk reksa dana offshore berdenominasi dollar AS.


Hal ini membuat pasar saham global kian prospektif tahun ini, terutama India dan Tiongkok. Sehingga, berdampak positif terhadap perkembangan reksa dana offshore atau reksa dana yang berinvestasi pada efek luar negeri.

Chief Economist and Investment Strategist Manulife Aset Manajemen Indonesia Katarina Setiawan mengatakan, ada tiga hal yang membuat pasar saham Tiongkok dan India prospektif tahun ini. Pertama, potensi kinerja jangka panjang yang ditopang oleh transformasi ekonomi dan reformasi kebijakan di kedua negara. 

Penopang lainnya adalah peningkatan kelas menengah, transformasi ekonomi, reformasi kebijakan serta keterbukaan investasi yang membuat pasar saham Tiongkok dan India mencatatkan kinerja historis yang menarik. 

"Faktor pendukung tersebut diperkirakan masih akan terjadi sehingga berpotensi menopang pasar saham dalam jangka panjang," jelasnya. 

Hal kedua yang mendorong pasar saham India dan Tiongkok menarik adalah tingkat korelasi yang rendah terhadap pasar saham global. Katarina mengungkapkan, meski bursa saham Tiongkok dan India merupakan bursa saham terbesar kedua di dunia, namun hanya sebagian kecil dari pasar tersebut yang terbuka untuk investor asing. "Kondisi ini menjadi ideal untuk diversifikasi portofolio investasi," kata dia. 

Dikutip dari Sumber : Bisnis Indonesia dan Investor Daily