Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

2021 Jadi Tahun Reksa Dana Saham

Monday, 11 January 2021


JAKARTA — Setelah sempat kalah posisi dari reksa dana pendapatan tetap sebagai reksa dana paling moncer tahun ini, diperkirakan reksa dana saham akan jadi primadona dan paling unggul tahun ini.

Manajer Investasi, Rudiyanto mengatakan imbal hasil reksa dana pendapatan tahun ini akan lebih banyak mengandalkan kupon dibandingkan kenaikan harga akibat suku bunga acuan. Pasalnya, suku bunga acuan saat ini sudah terbilang sangat rendah dan potensi penurunannya sudah terbatas. Itu pula yang membuat potensi imbal hasil reksa dana pendapatan tetap tak akan setinggi tahun lalu.

Sementara, kinerja reksa dana akan ditopang oleh penguatan indeks harga saham gabungan (IHSG). Tahun ini, IHSG diperkirakan naik di level 6700 pada akhir 2021, yang mana pertumbuhan kinerja indeks komposit sekitar 12 persen dari posisi akhir 2020.

“Mudah-mudahan return reksa dana saham bisa lebih besar daripada itu,” katanya.

Dirinya mengaku optimistis hal tersebut bisa terjadi, apalagi euforia investor lokal saat ini menjadi pendorong baru pergerakan indeks sehingga tak perlu terlalu bergantung pada investor asing.

Karena itu, pada tahun ini investor akan mulai memperbesar alokasi investasi mereka di reksa dana berbasis saham. “Tren ini sepertinya masih akan berlanjut di first half 2021,” ujarnya.

Sumber : Bisnis.com