Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Subscription Meningkat, Investasi Reksa Dana Tetap Diminati

Tuesday, 22 September 2015


JAKARTA – Meski kondisi perekonomian dan pasar saham bergejolak, sepanjang semester I/2105 investasi reksa dana masih mencatatkan net subscription hingga Rp18,73 triliun. Diprediksi aksi subscription ini masih berlanjut hingga akhir tahun ini.

Berdasarkan data OJK, sejak Januari hingga Juni investor reltaif lebih banyak masuk ke investasi reksa dana. Jumlah unit penyertaan per Juni mencapai 168,99 miliar unit, meningkat dari posisi Januari sebesar 145,74 miliar unit. Bahkan per Agustus unit penyertaan terus meningkat menjadi 173,50 miliar unit.

OJK menilai tingkat kepercayaan investor terhadap industri reksa dana mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan adanya jumlah peningkatan unit penyertaan yang beredar.

Hal itu juga didukung oleh adanya ekspektasi perbaikan kondisi pasar modal dalam jangka panjang maupun adanya penambahan produk baru.

Analis mengatakan, industri reksa dana diperkirakan masih terus tumbuh meskipun sempat melambat. Ini tercermin dari sejumlah manajer investasi yang siap menerbitkan produk reksa dana baru. Sepanjang tahun ini hingga Juli tercatat 132 roduk yang mendapatkan izin penerbitan efektif.

Sumber : Bisnis Indonesia