Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Kinerja Reksa Dana Pendapatan Tetap Masih Stabil

Friday, 14 August 2015


JAKARTA – Di tengah gejolak pasar modal, kinerja reksa dana pendapatan tetap terbilang masih stabil dan mencatatkan kinerja positif. Sepanjang tahun berjalan ini, reksa dana pendapatan tetap mencatatkan return sebesar 1,55%.

“Untuk reksa dana pendapatan tetap selain ada yield tetap, harga obligasi yang menjadi underlying asset dari reksa dana pendapatan tetap itu sendiri sangat mempengaruhi,” kata analis Infovesta, Yoanita.

Karena itu, kalangan manajer investasi kembali menata portofolionya dengan memperbesar porsi obligasi dibanidngkan dengan saham pada produk reksa dananya.

“Kami cenderung prefer obligasi, kami memperpanjang durasi dan mulai switching dari obligasi korporasi ke surat utang negara,” kata Hanif Mantiq, senior fund manager BNI Asset Management.

Menurutnya, obligasi pemerintah kian menarik. Bila dilihat dari sisi imbal hasil, yield yang ditawrkan untuk tenor 10 tahun sudah cukup tinggi sekitar 8,8%, jauh dibandingkan dengan US Treasury di kisaran 2,14%.

Namun, bila masih tetap memiliki reksa dana saham, manajer investasi cenderung memilih saham-saham unggulan di sektor yang defensive seperti consumer, property, telekomunikasi dan perbankan.

Sumber : Bisnis Indonesia