Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Investor Mulai Masuk Lagi ke Reksa Dana Saham

Friday, 26 June 2015


JAKARTA – Meski kinerja reksa dana saham sepanjang enam bulan pertama masih negative, belakangan ini investor justru sudah mulai kembali masuk ke reksa dana saham. Total nilai aktiva bersih (NAB) reksa dana saham sebesar Rp100,67 triliun per 24 Juni, naik dari pekan lalu (15/6) sebesar Rp97,23 triliun.

Sementara reksa dana pendapatan tetap mengumpulkan NAB sebesar Rp40,32 triliun, tumbuh Rp1,99 triliun dari pekan lalu Rp38,33 triliun. Reksa dana campuran naik tipis dari Rp17,54 triliun menjadi Rp17,92 triliun. Untuk reksa dana pasar uang justru turun dari Rp28,12 triliun menjadi Rp26,62 triliun.

Hans Kwee, Vice President Investment Quant Kapital Investama mengatakan terus turunnya IHSG bisa dimanfaatkan oleh investor reksa dana untuk masuk ke produk reksa dana saham. Ini seiring ekspektasi arah IHSG yang naik ke depannya lantaran koreksi saat ini hanya jangka pendek. Apalagi, prediksi ekonomi semester II/2015 akan lebih baik seiring dengan mulai berjalannya proyek infrastruktur pemerintah.

“Investor semakin pintar, kalau sudah turun banyak, mereka mlai beli lagi, makanya sekarang ini NAB reksa dana saham naik lagi,” katanya.

Sumber : Bisnis Indonesia