Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Dua Reksa Dana PNM-IM Raih "Gold and Silver Champion" 2020

Thursday, 22 October 2020


JAKARTA - PT PNM Investment Management (PNM IM) berhasil memenangkan dua penghargaan  produk reksa dana yang memiliki kinerja terbaik tahun ini. Kedua produk tersebut adalah reksa dana PNM Dana Tunai dan PNM Surat Berharga Negara.

 

Penghargaan tersebut disematkan oleh Bareksa yang bekerja sama dengan Kontan dan OVO pada acara 4th Fund Award 2020 di Jakarta, Rabu (21/10).

 

Adapun, produk reksa dana PNM Dana Tunai berhasil mendapatkan predikat kinerja terbaik pertama (Gold) untuk kategori Medium Money Market 5 Years. Sementara, reksa dana PNM Surat Berharga Negara meraih predikat terbaik kedua (Silver) untuk kategori Small Fixed Income 3 Years.

 

Karaniya, CEO Bareksa mengatakan, penghargaan ini diharapkan bisa menunjukkan meningkatnya tata kelola (governance) pengelola reksa dana atau manajer investasi di masa pandemi Covid-19. "Sehingga upaya ini bisa meningkatkan kepercayaan dan perlindungan kepentingan nasabah, khususnya nasabah ritel," katanya.

 

Mas Achmad Daniri, Dirut Bursa Efek Indonesia periode 1999 - 2002 sekaligus dewan juri menambahkan penilaian atas kinerja reksa dana ini dilakukan secara objektif, transparan dan independen. Sehingga, diharapkan penghargaan ini memiliki kredibilitas yang tinggi.

 

Menurutnya, ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan. Di antaranya adalah produk reksa dana dikelola oleh Manajer Investasi yang menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (GCG). Ini ditunjukkan dari MI yang memiliki reputasi yang baik di industri dan melaporkan minimal 10 aset terbesar. Selain itu, penilaian juga didasarkan pada kinerja statistik (sharpe ratio) di atas acuannya (benchmark).

 

Bambang Siswaji, Direktur Utama PNM Investment Management mengatakan, penghargaan ini menunjukkan pengakuan dan kepercayaan publik secara independen terhadap kinerja dan reputasi bisnis yang dilakukan oleh PNM Investment Management.

 

"Penghargaan ini menjadi motivasi kami untuk semakin meningkatkan kinerja maupun tata kelola yang lebih baik ke depannya," tuturnya.

 

Seperti diketahui sebelumnya, PT PNM Investment Management juga berhasil meraih penghargaan atas kinerja terbaik produk reksa dana yakni PNM Dana Tunai oleh Infovesta yang bekerja sama dengan Majalah Investor pada Juni 2020.

 

PNM Dana Tunai dinobatkan sebagai reksa dana pasar uang terbaik periode 3 tahun dengan pertumbuhan unit penyertaan paling tinggi sebesar 637,7% dari Rp72,9 miliar pada 2016 menjadi Rp537,9 miliar pada 2019.