Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Mayoritas Reksa Dana Cetak Imbal Hasil Negatif, PNM Amanah Syariah Tetap Positif

Tuesday, 29 September 2020


 

JAKARTA — Mayoritas  reksa dana mencatatkan imbal hasil negatif pada penutupan pekan lalu, seiring dengan kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG)) maupun indeks obligasi yang juga negatif.

 

Meski demikian, salah satu produk PNM Investment Management yakni PNM Amanah Syariah masih mencatat kinerja positif dan menjadi salah satu terbaik pekan lalu. PNM Amanah Syariah tercatat memiliki tingkat return sebesar 1,29% atau terbaik ketiga dibandingkan produk reksa dana pendapatan tetap.

 

Berdasarkan publikasi mingguan Infovesta Utama, sepanjang periode 18 - 25 September 2020,  kinerja indeks reksa dana pendapatan tetap tercatat negatif 0,05%. Di periode yang sama indeks obligasi pemerintah dan obligasi korporasi mencatat kenaikan kinerja masing-masing 0,14% dan 0,12%.

 

Selanjutnya, kinerja reksa dana saham dan campuran mencatatkan imbal hasil negatif masing-masing 1,73%  dan 1,22%. Kinerja kedua reksa dana ini terseret oleh pelemahan IHSG sepanjang pekan lalu yang turun 2,24 %.

 

Sementara itu kinerja reksa dana pasar uang kembali menjadi satu-satunya reksa dana yang positif yakni 0,10%.

 

Jika dilihat sepanjang tahun berjalan (year to date) reksa dana saham masih menjadi yang paling dalam dengan kinerja -21,4%, diikuti oleh reksa dana campuran -12,19%, sedangkan reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang positif 4,41% dan 3,46%.

 

Sumber : Bisnis.com