Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Suku Bunga Dipangkas, Reksa Dana Pendapatan Tetap Bakal Kian Moncer

Monday, 22 June 2020


 

JAKARTA - Pemangkasan suku bunga acuan Bank Indonesia akan memberi dampak positif terhadap kinerja reksa dana pendapatan tetap.  Dengan asumsi suku bunga acuan akan turun lagi sepanjang tahun ini,  diproyeksikan imbal hasil reksa dana pendapatan tetap bisa mencapai 7% - 8%.

 

Sebelumnya diketahui, Bank Indonesia kembali memangkas suku bunga acuan  BI 7 Days Reserve Repo Rate (BI7-DRRR)  sebesar 25 basis poin dari 4,5% menjadi 4,25%.

 

Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan, pemangkasan tersebut secara umum berimbas positif terhadap kinerja reksa dana pendapatan tetap ke depan. 

 

“Jadi, dilihat dari harga sudah merefleksikan penurunan suku bunga tersebut. Sementara secara fundamental pemangkasan lebih lanjut masih menjadi ekspektasi pasar sehingga tren kenaikan harga obligasi masih akan terus berlanjut,” kata dia kepada Kontan.co.id, Jumat (19/6).

 

Lebih lanjut, Wawan mengatakan, masih ada kemungkinan BI akan kembali memangkas suku bunga acuan setidaknya sekali hingga dua kali lagi. Pasalnya, ia memproyeksikan nilai wajar suku bunga pada akhir tahun ada di kisaran 3,75% - 4%.

 

“Jika mencapai besaran tersebut, kinerja reksa dana pendapatan tetap terutama yang portofolionya adalah SBN akan terdongkrak naik. Oleh sebab itu, reksa dana pendapatan tetap masih menjadi pilihan investasi yang menarik, di samping potensi kenaikan harga obligasi, juga relatif paling aman,” tambah Wawan.

 

Sumber : Kontan.co.id