Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Pasar Mulai Bullish, Reksa Dana Menjanjikan

Thursday, 04 June 2020


JAKARTA - Pasar saham dan obligasi sedang menguat alias bullish. Ini membuat reksa dana layak kembali menjadi pilihan atau alternatif investasi. Sepanjang Mei 2020, seluruh jenis reksa dana membukukan kinerja positif kendati dana kelolaan kembali menyusut.

Berdasarkan data Infovesta Utama per 29 Mei 2020, kinerja reksa dana saham tercatat tumbuh 0,81% seiring dengan kenaikan indeks harga saham gabungan (IHSG) sekitar 0,79% dalam periode yang sama.

Reksa dana pendapatan tetap masih mencatatkan kinerja paling tinggi sebesar 1,71%. Kinerja reksa dana campuran menguat sekitar 0,86%. Untuk kinerja reksa dana pasar uang cenderung stagnan dengan pertumbuhan sebesar 0,36%.

Sementara itu, nilai aktiva bersih (NAB) reksa dana per pekan ketiga Mei 2020 tercatat sebesar Rp476,39 triliun atau turun dari posisi April 2020 sebesar Rp477,68 triliun.

Menurut Head of Market Research Infovesta Wawan Hendrayana, penurunan NAB ini wajar karena bertepatan dengan momentum Ramadhan dan Idul Fitri sehingga jumlah penarikan (redemption) naik. Namun diyakini investor akan kembali masuk ke reksa dana seiring dengan pulihnya pasar.

Namun, Wawan menekankan pentingnya diversifikasi investasi karena masih tingginya ketidakpastian. Pasalnya, pulihnya pasar saham saat ini bukan didorong oleh faktor fundamental, tetapi masih berdasarkan ekspektasi investor terhadap masa kenormalan baru.

"Saat pandemi begini, strateginya pilih defensif saja dengan mengalokasikan lebih banyak di produk yang berbasis obligasi dan pasar uang," katanya.

Sumber : Bisnis Indonesia