Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Relaksasi Reksa Dana, OJK Rilis Stimulus

Tuesday, 24 March 2020


JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis stimulus bagi beberapa jenis reksa dana berupa pelonggaran waktu pembubaran produk hingga pengubahan komposisi portepel. Ini ditempuh untuk menyikapi dinamika pasar akibat tekanan wabah virus korona.

OJK merelaksasi waktu pembubaran produk bagi reksa dana berbentuk kontrak investasi kolektif (KIK), terproteksi, penjaminan dan indeks. Bila dana kelolaan reksa dana KIK kurang dari Rp10 miliar setelah efektif selama 130 hari, produk tersebut wabji dibubarkan dalam kurun waktu 160 hari.

Semnetara itu, bagi reksa dana terproteksi, reksa dana dengan penjaminan dan reksa dana indeks yang melakukan penawaran umum yang bersifat terbatas pembubaran poin ini berlaku bila dalam 160 hari dana kelolaan kurang dari Rp10 miliar. Semula aturan bagi reksa dana KIK hanya 90 hari masa efektif sedangkan pada tiga jenis reksa dana lainnya 120 hari.

Selain itu, kewajiban penyesuaian portofolio dalam reksa dana berbentuk KIK atas transaksi yang dilakukan manajer investasi disesuaikan menjadi paling lambat 20 hari bursa. Ketentuan yang sama berlaku pada kewajiban penyesuaian yang tidak disebabkan oleh transaksi disesuaikan hingga 40 hari bursa.

Sumber : Bisnis Indonesia