Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Meski Kinerja Sempat Anjlok di Awal Tahun, Prospek Reksa Dana Campuran Masih Positif

Friday, 14 February 2020


JAKARTA - Para manajer investasi berupaya mengoptimalkan kinerja produk reksa dana campuran dengan melakukan diversifikasi saham dan mengatur porsi obligasi di tengah tingginya volatilitas pasar saat ini.

Hal ini menyusul kinerja reksa dana campuran memiliki kinerja terburuk kedua di Januari 2020 sejalan dengan merosotnya indeks harga saham di bursa akibat tekanan sentimen kasus virus corona.

Data Infovesta menunjukkan dana kelolaan (AUM) reksa dana campuran turun paling dalam sebesar 9,30%, lebih besar daripada turunnya AUM reksa dana saham sebesar 8,88%.

Demikian pula, unit penyertaan juga ikut merosot hingga 18,58% dan tingkat return reksa dana campuran ini pun membukukan kinerja yang turun 2,85%.

Meski demikian, para manajer investasi tetap menilai reksa dana campuran ini masih menarik. Pasalnya, para MI ini memiliki ruang yang lebih besar untuk menyesuaikan portofolio dari setiap volatilitas pasar.

Untuk memperbaiki kinerja tersebut, manajer investasi pun siap meracik ulang portofolio reksa dana campuran dengan mencari saham-saham emiten dengan fundamental yang baik dan dikombinasikan dengan obligasi tenor panjang.

“Sehingga prospek instrumen reksa dana campuran ini masih cukup baik ke depannya,” ujar Hans Kwee, salah seorang manajer investasi.

Sumber : Bisnis Indonesia

Copyright © 2015 Reksa Dana PNM Membangun Bangsa. All Right Reserved.

www.pnmim.com