Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Peringkat Utang RI Bertahan, Dana Asing Siap Kembali

Wednesday, 12 February 2020


JAKARTA - Aliran dana asing dinilai bakal kembali membanjiri pasar obligasi dalam negeri. Ini menyusul dipertahankannya peringkat utang Indonesia pada level setara BBB dengan outlook stabil oleh lembaga pemeringkat internasional Moody's Investor Service.

Pasalnya, peringkat utang tersebut merupakan afirmasi terhadap stabilitas perekonomian Indonesia. Hal ini menandakan fundamental perekonomian Indonesia tetap terjaga positif pada tahun lalu. Selain itu, pengelolaan utang yang baik berdampak pada tingkat risiko yang lebih stabil.

"Hal ini akan berdampak pada kembali meningkatnya tingkat kepmilikan asing pada surat utang Indonesia.," kata ekonomi Pefindo Fikri Permana.

Seperti diketahui, porsi kepemilikan asing pada instrumen surat berharga negara (SBN) menyusut sejak 25 Januari hingga awal Februari 2020.  Dana asing di SBN tercatat sebesar Rp1.061,79 triliun atau porsi sekitar 38,10% dibandingkanposisi 24 Januari 2020 sebesar Rp1.092 triliun dengan porsi 39,26%.

Analis mengatakan peringkat utang tersebut juga merupakan konfirmasi tehradap kondisi pasar obligasi, khususnya surat utang negara di Indonesia saat ini yang cenderung stabil di tengah ketidakpastian global.

"Pasar obligasi, khususnya SUN akan semakin semarak. Ini juga akan berimbas positif bagi reksa dana pendapatan tetap," katanya.

Sumber : Bisnis Indonesia