Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

IHSG Turun Justru Dorong Investor Buru Reksa Dana, Net Subscription Melonjak 139%

Wednesday, 04 April 2018


JAKARTA — Penurunan kinerja indeks reksa dana sepanjang tahun berjalan 2018 ternyata tidak menghambat minat masyarakat untuk berinvestasi. Total pembelian baru reksa dana sepanjang kuartal I/2018 naik hingga 139,04% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Berdasarkan data OJK, pembelian baru (subscription) reksa dana sepanjang kuartal I/2018 tercatat hingga Rp198,31 triliun. Sementara, pencairan reksa dana (redemption) mencapai Rp160,3 triliun. Dengan demikian, terjadi net subscription reksa dana tercatat Rp38,17 triliun atau melonjak 139,04% dibanding periode sama tahun lalu sebesar Rp15,97 triliun.

Head of Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan naiknya net subscription itu dipicu oleh masuknya investasi baru, khususnya dari investor asuransi dan dana pensiun ke dalam industri reksa dana.

Ini menunjukkan pelemahan indeks harga saham gabungan (IHSG) di pasar saham justru menjadi pemicu investor untuk masuk ke reksa dana.

“Justru pada saat IHSG negative itu biasanya investor malah masuk. Ini karena harganya murah, jadi ini akan berdampak pada peningkatan nilai aktiva bersih dan net subscription,” katanya.

Di sisi lain, pengetahuan dan minat masyarakat terhadap instrumen investasi reksa dana juga terus meningkat sehingga ikut berkontribusi pertumbuhan investor ritel di industri reksa dana.

 

Sumber : Bisnis Indonesia