Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Terimbas Sentimen Global, Kinerja Reksa Dana Pendapatan Tetap Tergerus

Tuesday, 13 March 2018


JAKARTA - Kinerja indeks reksa dana pendapatan tetap terus tertekan seiring dengan melemahnya pasar obligasi akibat sentimen negatif global dari Amerika Serikat.

 

Per 9 Maret 2018, indeks reksa dana pendapatan tetap (Infovesta Fixed Income Fund Index) tercatat minus 0,86% sekaligus satu-satunya indeks reksa dana terbuka yang memiliki kinerja negatif.

 

Adapun, indeks reksa dana saham menguat 1,47%, bahkan mengungguli indeks acuannya yakni IHSG yang naik 1,22%. Sementara, indeks reksa dana campuran tercatat naik 1,04% dan apsar uang sebesar 0,76%.

 

"Rencana kenaikan suku bunga AS mengakibatkan menguatnya nilai tukar dollar AS terhadap mata uang lain, termasuk rupiah. Ini memicu asing untuk mengurangi porsi obligasi di Indonesia yang mengakibatkan koreksi pada kinerja reksa dana pendapatan tetap," jelas CEO Maybank Asset Management Denny Thaher.

 

Menurutnya, kondisi ini masih akan bertahan selama pemerintah AS belum memberi kepastian terkait dengan pengumuman dan besaran suku bunga acuannya Fed Rate.

 

Tercatat sepanjang Maret ini investor asing sudah menarik dananya dari pasar obligasi dengan mencatat nilai jual bersih sebesar Rp16,44 triliun. Sedangkan selama Februari, net sell asing mencapai Rp21,55 triliun.

 

Sumber : Bisnis Indonesia