Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Pembelian Baru Reksa Dana Melonjak Capai Rp179 Triliun per Februari 2018

Wednesday, 07 March 2018


JAKARTA - Total pembelian baru reksa dana sepanjang Januari - Februari 2018 meningkat signifikan dibanding periode sama tahun lalu, didorong oleh kinerja pasar saham dan banyaknya produk baru yang meluncur pada periode tersebut.

 

Berdasarkan data OJK, pembelian baru (subscription) reksa dana sepanjang dua bulan pertama 2018 mencapai Rp179 triliun dimana pada Februari meningkat menjadi Rp94,74 triliun dari bulan sebelumnya Rp84,26 triliun. Sedangkan total penarikan atau redemption reksa dana mencapai Rp148,24 triliun sehingga terjadi net subscription sebesar Rp30,75 triliun, lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya sebesar Rp24,24 triliun.

 

Chief Investment Officer Sucorinvest Asset Management Jemmy Paul mengatakan kenaikan net subscripption tersebut tak lepas dari pengaruh kinerja indeks harga saham gabungan yang meningkat meskipun belangkan ini mengalami cukup fluktuatif.

 

Dari sisi produk, reksa dana saham dan reksa dana pasar uang paling banyak diminati oleh investor. "Ada banyak perpindahan investor dari deposito ke reksa dana pasar uang karena suku bunga deposito yang terus turun," katanya.

 

Sumber : Bisnis Indonesia