Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Inilah Tips Investasi di Reksa Dana Saat Pasar Volatil

Thursday, 15 February 2018


JAKARTA - Volatilitas di pasar saham global dan fluktuasi indeks dollar AS kemungkinan menyulitkan investor menyusun portofolio. Untuk menghadapi situasi ini, investor reksadana disarankan tenang dan membagi investasi dalam porsi yang seimbang.

 

Ivan Jaya, Head of Wealth Management & Digital Business Bank Commonwealth merekomendasikan penempatan investasi di aset reksadana harus seimbang. Ia merekomendasikan porsi 30%-40% ditempatkan di reksadana saham, lalu 30%-40% di reksadana beraset obligasi dan sebanyak 20%-30% pada reksadana beraset pasar uang.

 

Strategi ini sesuai dengan Dynamic Model Portofolio yang menjadi konsep dasar nasabah premier Commonwealth Bank. "Portofolio disesuaikan dengan profil risiko masing-masing individu dan risiko pasar," jelas Ivan, hari ini.

 

Ivan menyarankan investasi harus dilakukan secara berkala dan tidak putus, apalagi ekonomi riil Indonesia memiliki peluang tumbuh. Menurutnya konsensus IHSG dan GDP Indonesia diprediksi tumbuh masing-masing 14% dan 5,3% pada 2018. Ini membuka peluang penguatan ekonomi dan investasi di Indonesia.

 

Sumber : Kontan.co.id