Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

PNM IM Terbitkan RDPT Senilai Rp1,3 Triliun Dukung Pembiayaan Mekaar dan ULaMM

Monday, 22 January 2018


JAKARTA – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui anak usahanya PNM Investment Management baru saja menerbitkan reksa dana penyertaan terbatas (RDPT) senilai Rp1,32 triliun. Ini dimaksudkan untuk mendukung ekspansi pembiayaan Mekaar dan ULaMM.

 

Setelah menerbitkan reksa dana, PNM juga berniat menerbitkan obligasi dan surat utang jangka menengah atau medium term notes (MTN).

 

Direktur Utama PNM Parman Nataatmadja menyatakan, PNM Investment Management telah menerbitkan RDPT dengan aset dasar MTN yang diterbitkan PNM sebagai induk usahanya.

 

Penggalangan dana melalui RDPT ini sudah rutin dilakukan oleh PNM karena perseroan membutuhkan pendanaan eksternal guna mendukung ekspansi pembiayaan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

 

“Kami akan alokasikan sebnyak 80% dan ahasil penerbitan RDPT untuk pembiayaan Mekaar dan sisanyanya 20% untuk ekspansi pembiayaan usaha mikro kecil melalui ULaMM,” katanya di Jakarta.

 

Menurutnya, PNM sepanjang tahun ini menargetkan penyaluran pembiayaan ke Mekaar dan ULaMM senilai Rp12,3 triliun. Seiring dengan hal itu, PNM membutuhkan pendanaan eksternal sebesar Rp4,5 triliun.

 

“Saat ini komposisi pendanaan kami mayoritas berasal dari pasar modal hingga sekitar 65% - 70%. Jadi setelah RDPT ini, kami akan kembali menerbitkan obligasi dan MTN,” tuturnya.

 

Pekan lalu, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menginformasikan pencatatan RDPT PNM Pembiayaan Mikro BUMN 2017 Seri II yang diluncurkan oleh PNM Investment Management.

 

Sumber : Investor Daily