Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Kian Moncer 2018, Reksa Dana Indeks Makin Diminati

Friday, 19 January 2018


JAKARTA - Kinerja reksa dana indeks tahun ini diprediksi kian moncer setelah pada tahun lalu sebagian besar produk reksa dana tersebut mencatatkan return di atas 20%.

 

Bahkan, manajer investasi menyebutkan pada tahun ini reksa dana indeks masih bisa menjadi produk unggulan sejumlah manajer investasi karena dianggap sebagai instrumen investasi yang tepat untuk investor baru, terutama dari kalangan ritel.

 

"Return reksa dana indeks cukup memuaskan, dan ini bisa menjadi daya tarik investor terutama ritel dengan sasaran masyarakat era milenial," kata Direktur BNI Asset Management Putut Endro Andanawarih kepada Bisnis kemarin.

 

Karena itu, produk reksa dana indeks saat ini semakin diminati oleh investor domestik. Ini tercermin dari total dana kelolaan (AUM) yang terus meningkat dari Rp700 miliar pada 2010 menjadi Rp9,5 triliun pada 2017 dengan pertumbuhan rata-rata sekitar 35% dalam 5 tahun terakhir.

 

Ini berbeda dengan reksa dana pengelolaan aktif yang hanya berhasil mencatatkan  pertumbuhan sebesar 10,9%. Selain itu, pengelolan reksa dana pasif seperti reksa dana indeks ini membutuhkan biaya yang lebih efisien.

 

Sumber : Bisnis Indonesia