Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

UPIS Didorong, Pangsa Pasar Reksa Dana Syariah 2018 Tembus 10%

Tuesday, 16 January 2018


JAKARTA – Pangsa pasar atau market share reksa dana Syariah ditargetkan emncapai 10% pada tahun ini seiring dengan kewajiban manajer investasi untuk menyediakan unit pengelolaan investasi Syariah (UPIS).

 

Direktur Pasar Modal Syariah OJK Fadilah Kartikasari mengatakan, saat ini tercata ada sekitar 48 manajer investasi yang telah mendirikan unit  khusus Syariah.

 

“Dengan adanya UPIS ini maka manajer investasi lebih giat lagi memasarkan reksa dana Syariah. Kami inginkan setidaknya market share bisa mencapai 10%, kalua bisa malah lebih tinggi,” katanya.

 

Terkait dengan pendirian UPIS, perusahaan manajer investasi wajib memiliki paling sedikit satu orang yang bertindak sebagai kepala unit dan satu orang yang bertindak sebagai pelaksana.

 

Seperti diketahui, pertumbuhan reksa dana Syariah saat ini masih lambat. Pangsa pasar reksa dana syariah saat ini terbilang minim sekitar 6,19% hingga akhir tahun lalu dengan dana kelolaan sebesar Rp28,31 triliun.

 

Pelaku bisnis manajer investasi juga meyakini prospek reksa dana syariah  tahun ini masih akan positif. Tren pertumbuhan reksa dana Syariah masih terus berjalan. Pasalnya, potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih sangat menarik bagi investor.

 

Sumber : Bisnis Indonesia