Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Kinerja Reksa Dana Saham 2017 Capai 11,25%, Salip Pendapatan Tetap

Wednesday, 03 January 2018


JAKARTA - Kinerja reksa dana saham pada 2017 akhirnya mampu mengungguli kinerja reksa dana terbuka lainnya, khususnya reksa dana pendapatan tetap, didorong oleh kinerja indeks harga saham gabungan yang terus positif sepanjang Desember 2017.

 

Return reksa dana saham yang ditunjukkan melalui Infovesta Equity Fund Index tercatat sebesar 11,25%, melampaui kinerja return reksa dana pendapatan tetap sebesar 10,72%.

 

"Akhir Desember 2017 IHSG naik cukup signifikan, jadi reks adana saham mengekor naik juga pada bulan lalu," kata Head of Investment Infovesta Utama Wawan Hendrayana kepada Bisnis , Selasa (2/1).

 

Wawan menambahkan, reksa dana saham diprediksi masih akan memberikan return terbaik pada tahun ini dibanidng reksa dana lainnya. Adapun, kinerja reksa dana pendapatan tetap diprediksi akan tumbuh stagnan  mengingat kecilnya potensi penurunan suku bunga sebagai pengerek utama kinerja pasar obligasi.

 

Namun meski mencatat kinerja terbaik, return reksa dana saham masih mengalami underperform atau di bawah dari indeks acuannya, IHSG yang tumbuh 19,99%.

 

Menurut Direktur Investa Saran Mandiri, Hans Kwee, pencapaian kinerja reksa dana saham pada tahun ini tidak akan sebaik tahun lalu. Ini lantaran kenaikan IHSG tahun lalu sudah terlampau tinggi dan pada tahun ini diprediksi berada di level 6.500 sehingga kinerja reksa dana saham tahun ini relatif terbatas.

 

Sumber : Bisnis Indonesia