Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Tahun Ini Reksa Dana Pendapatan Tetap Paling Ciamik, Giliran Reksa Dana Saham pada 2018

Thursday, 21 December 2017


JAKARTA - Kinerja reksa dana pendapatan tetap hingga akhir tahun ini tercatat memiliki return paling tinggi dibandingkan dengan jensi reksa dana lainnya dan cenderung mengungguli kinerja indeks acuannya.

 

Berdasarkan data Infovesta, kinerja reksa dana pendapatan tetap secara year to date hingga akhir pekan lalu mencapai 9,98%. Di saat yang sama, kinerja gabungan antara Infovesta Government Bond Index dan Infovesta Corporate Bond Index mencapai 9,74%.

 

Di sisi lain, kinerja return reksa dana saham, campuran dan jensi pasar uang justru mengalami underperformed alias di bawah kinerja indeks acuannya.

 

Analis mengatakan, membaiknya kinerja reksa dana berbasis obligasi ini tidak lepas dari sentimen positif data-data fundamental ekonomi makro sehingga mendorong tingginya arus masuk modal asing.

 

Meski demikian, analis Infovesta Wawan Hendroyono mengatakan, kinerja return reksa dana saham berpeluang mengungguli reksa dana pednapatan tetap pada tahun depan. Secara rata-rata return reksa dana saham berpeluang mencapai 10%, sedangkan reksa dana fixed income diproyeksi mencapai 6-7%.

 

Di tengah rencana kenaikan suku bunga Fed Rate tiga kali, Bank Indonesia berptoensi menaikkan suku bunga acuannya sekitar 25-50 bps. "Jadi ini yang membuat return reksa dana pendapatan tetap tidak akan lebih besar dari tahun ini," katanya.

 

Sebaliknya, di tengah membaiknya pertumbuhan ekonomi 2018 kinerja pasar saham akan terus meningkat yang diproyeksi di kisaran 6.700 - 7.000 sehingga berdampak positif terhadap return reksa dana saham.

 

Sumber : Bisnis Indonesia/Investor Daily