Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Minat Investor Meningkat, Net Subscription Reksa Dana Terus Menanjak

Thursday, 12 October 2017


Minat Investor Meningkat, Net Subscription Reksa Dana Terus Menanjak

JAKARTA - Total investasi atau pembelian reksa dana sepanjang tahun berjalan mencapai Rp37,32 triliun atau melampaui capaian periode yang sama tahun lalu. Investasi di reksa dana diprediksi akan terus meningkat hingga akhri tahun.

 

Berdasarkan data OJK, pembelian reksa dana (subscription) sepanjang tahun berjalan per September 2017 mencapai Rp327,71 triliun, sementara pencairan reksa dana (redemption) senilai Rp290,39 triliun. Dengan demikian, terjadi net subscription sebesar Rp37,32 triliun sepanjang tahun berjalan.

 

OJK memperkirakan tren investasi di reksa dana akan terus meningkat hingga akhir tahun ini. Meski demikian, tidak dipungkiri bahwa kondisi pasar akan sangat berpengaruh pada investasi reksa dana.
 


Menurut Vice President Investment PT Quant Kapital Investama Hans Kwee, ada dua faktor yang membuat pasar reksa dana menarik minat pelaku pasar tahunini. Pertama, kenaiakn peringkat surat utang Indonesia oleh S&P menjadi layak investasi. Kedua, penurunan suku bunga acuan.
 


Ke depannya, diprediksi kinerja reksa dana membaik seiring dengan instrumen investasi lainnya seperti saham dan obligasi. Meski demikian, dalam jangka pendek, invsetor masih perlu mewaspadai faktor eksternal dari Amerika Serikat.
 


Sumber : Bisnis Indonesia