Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Investor Minati Reksa Dana Low Risk, MI Gencar Terbitkan Reksa Dana Berbasis Obligasi

Wednesday, 13 September 2017


JAKARTA - Meningkatnya selera investor terhadap produk investasi dengan tingkat risiko rendah mendorong Manajer Investasi giat menerbitkan reksa dana berbasis pasar uang dan obligasi.

 

Berdasarkan data KSEI, OJK memberikan izin efektif untuk 53 prdouk reksa dana baru sepanjang Agustus 2017. Ini terdiri dari 23 reksa dana terproteksi, 9 reksa dana psar uang, 9 reksa dana pendapatan tetap, 6 reksa dana saham, 5 reksa dana syariah, 1 reksa dana campuran dan 1 reksa dana penyertaan terbatas. Sehingga, total reksa dana yang beredar di pasar mencapai 1.629 produk dengan total dana kelolaan sebesar Rp406,55 triliun.

 

Head of Investment Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan, dalam jangka pendek reksa dana pendapatan tetap dan pasar uang cukup digemari oleh investor. Pasalnya, makro ekonomi Indonesia cukup stabil dengan tren suku bunga yang turun dan inflasi yang rendah.

 

Langkah manajer investasi membuat produk baru reksa dana terproteksi merupakan rutinitas untuk menggantikan produk yang jatuh tempo. Sementara, menjamurnya produk reksa dana pendapatan tetap dan pasar uang didorong oleh pergeseran selera investor ke produk investasi dengan tingkat risiko relatif rendah.

 

"Selain itu, adanya peraturan OJK No.1/2017 pun dimanfaatkan oleh manjaer invsetasi untuk mengeluarkan reksa dana pendapatan tetap dan pasar uang," tuturnya.

 

Sumber : Bisnis Indonesia