Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Minat Investor Kian Menguat, Ramai - Ramai Beli Reksa Dana

Thursday, 07 September 2017


JAKARTA - Hanya dalam 8 bulan pertama 2017, peningkatan dana kelolaan reksa dana telah melampaui penambahan sepanjang tahun lalu. Ini mengindikasikan minat investasi di instrumen tersebut semakin tinggi.

 

Menurut data OJK, dana kelolaan industri reksa dana per Agustus telah menyentuh Rp406,54 triliun atau bertambah Rp67,79 triliun dibanding akhir tahun lalu. Sementara, sepanjang tahun lalu dana kelolaan hanya bertambah Rp66,78 triliun.

 

Capaian dana kelolaan tahunini ditopang oleh peningkatan dana kelolaan reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap. Per Agustus, dana keolaan pasar uang tumbuh 90,29% sedangkan reksa dana pendapatan tetap naik 25,60%. Sementara, reksa dana saham justru turun 1,97% meski kinerja indeks harga saham gabungan naik.

 

Banyaknya investasi yang masuk kre reksa dana pendapatan tetap terjadi seiring dengan minat investor asing dan domesik untuk mengantongi obligasi negara yang semakin tinggi di tengah ketidakpastian kondisi global dan tawaran imbal hasil yang menarik.

 

Sepanjang paruh pertama 2017, tercatat net subscription sebesar Rp27,53 triliun atau melampaui setangah pencapaian sepanjang 2016 sebesar Rp47,92 triliun.

 

Jumlah produk reksa dana yang beredar pun kian bertambaha. Secara year to date, industri reksa dana kedatangan 172 produk baru.

 

Direktur Panin Aset Management Rudiyanto memprediksi reksa dana pendapatan tetap masih menjadi pilihan pada tahun ini, bahkan hingga tahun depan. Ini sieing dengan suku bunga acuan yang stabil akibat inflasi rendah.

 

Sementara, reksa dana saham diprediksi masih sulit naik kinerjanya di sisa tahun ini karena banyak investor yang menarik dananya dari pasar saham.

 

Namun demikian, menurut Direktur Utama Asanusa Asset Management Siswa Rizali, reksa dana saham tetap bisa menjadi pilihan karena fundamenetal dan valuasi saham masih menarik.

 

Sumber : Bisnis Indonesia