Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Cetak Return 1,68%, Kinerja Reksa Dana Pendapatan Tetap Paling Unggul

Monday, 04 September 2017


JAKARTA - Tren pasar obligasi yang bergairah dan menguat mendongkrak kinerja produk-produk reksa dana pendapatan tetap yang unggul dengan return bulanan 1,68% sepanjang Agustus 2017.

 

Berdasarkan data Infovesta, pertumbuhan indeks reksa dana pendapatan tetap lebih tinggi dibanding reksa dana saham dan campuran. Sepanjang Agustus, indeks reksa dana pendapatan tetap naik 1,68% atau tumbuh 7,7% sepanjang tahun berjalan.

 

Pada periode yang sama, indeks rensa dana campuran dan saham masing-masing tumbuh 0,59% dan 0,006% pada Agustus maupun  6,5% dan 5,92% secara year to date.

 

Kinerja reksa dana saham tidak sejalan dengan kinerja IHSG yang tumbuh 0,39% selama bulan lalu dan sebesar 10,71% sepanjang tahun berjalan.

 

Tren bullish di pasar obligasi ikut mendongkrak nilai aset bersih (NAB) produk-produk reksa dana perusahaan manajer investasi pelat merah.

 

Agus Yanuar, Direktur Utama Samuel Asset Management menuturkan bullish di pasar obligasi berpotensi mendorong yield bergerak turun dan harga naik. Akbiatnya, reksa dana pendapatan tetap pada tahun ini diproyeksi berada pada kisaran 8 - 10%.

 

Sementara itu, analis obligasi Pefindo, Ahmad Nasrudin memperkirakan yield SUN tenor 10 tahun masih berpeluang untuk turun ke level 6,5% - 6,7% hingga akhir tahun ini. Asumsinya antara lain pertumbuhan ekonomi sekitar 5%, infalsi 4%, suku bunga acuan 4,5% dan Fed Fund Rate turun tiga kali.

 

Sumber : Bisnis Indonesia