Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Manajer Investasi Tetap Agresif Terbitkan Produk Baru

Friday, 11 August 2017


JAKARTA - Meski dalam beberapa bulan ini pertumbuhan dana kelolaan agak seret, manajer investasi (MI) masih bergairah untuk menerbitkan produk-produk anyar.

 

Sepanjang Agustus 2017, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan izin efektif untuk 26 produk reksa dana baru untuk menampung dana investor pasar modal.

 

Berdasarkan data KSEI, 26 produk yang tercatat terdiri dari 11 reksa dana terproteksi, 5 reksa dana pasar uang, 7 reksa dana pendapatan tetap, 2 reksa dana saham dan 1 reksa dana campuran.

 

Produk baru tersebut bakal meramaikan pasar reksa dana nasional yang hingga akhir Juli 2017 diisi oleh 1.586 produk. Sepanjang Januari - Juli, jumlah produk reksa dana yang beredar di pasar modal bertambah 172 produk.

 

"Produk reksa dana pasar uang diterbitkan untuk antisipasi kebutuhan instrumen pendapatan tetap jangka pendek yang menguntungkan buat investor," jelas Ernawan Salimsyah, Direktur Indo Premier Investment Management.

 

Pasalnya, risiko pengetatan moneter di pasar global berpotensi menjalar ke Indonesia dalam 1-2 tahun ke depan. Dalam kondisi tersebut, efek pendapatan tetap jangka pendek akan mencetak kinerja yang positif dan diminati investor.

 

Direktur Investasi OJK Sujanto menuturkan MI juga mulai giat merancang produk reksa dana nonkonvensional sperti reksa dana syariah dan reksa dana penyertaan terbatas (RDPT) berbasis sektor riil.

 

"Peluang besar untuk menumbuhkan reksa dana syariah. Appetite-nya untuk meluncurkan RDPT juga ada karena banyak proyek infrastruktur yang butuh dana besar," katanya.

 

Sumber : Bisnis Indonesia