Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Jadi Favorit Investor, Reksa Dana Fixed Income dan Pasar Uang Tumbuh Signifikan

Friday, 21 July 2017


JAKARTA - Dana kelolaan atau asset under mnagement (AUM) reksa dana pendapatan tetap (fixed income) dan pasar uang diprediksi masih memiliki pertumbuhan yang signifikan hingga akhir tahun ini. Pasalnya, dua jenis reksa dana ini menjadi pilihan favorit bagi investor.

 

Senior Research and Investment Analyst Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan, reksa dana tersebut menjadi pilihan investor di tengah kondisi inflasi dan tingkat suku bunga deposito perbankan yang rendah. Selain itu, di tengah maraknya penerbitan surat utang obligasi korporasi juga berpeluang mengerek dana kelolaan reksa dana kedua jenis tersebut.
 


"Sampai Juni lalu, reksa dana fixed income dan pasar uang tercatat sebagai instrumen investasi yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi dibanding reksa dana lainnya," katanya.

 

Menurutnya, selama tingkat bunga deposito rendah, investor akan selalu mencari alternatif investasi yang lain. Dari sisis return, instrumen yang paling mendekati di luar deposito adalah obligasi.

 

Per Juni 2017, dana keleloaan reksa dana pendapatan tetap mencapai Rp78,8 triliun, meningkat 23,9% dibanding akhir tahun 2016. Sedangkan AUM reksa dana pasar uang melonjak 59,36% menjadi Rp46,7 triliun.

 

Dengan rezim bunga rendah dan tren perkembangan pasar modal saat ini, pihaknya optimistis bahwa dana keolaan reksa dana memiliki tren naik hingga akhir tahun ini. Kenaikan yang signifikan berpeluang terjadi pada dana kelolaan reksa dana pendapatan tetap dan pasar uang.

 

Sumber : Investor Daily