Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Kinerja Reksa Dana Saham Menguat Tertinggi & Pasar Uang Tetap Prospektif

Tuesday, 20 June 2017


JAKARTA - Sepekan terakhir seluruh indeks reksa dana mengalami penguatan. Reksadana saham mengalami penguatan tertinggi. Selanjutnya diikuti reksa dana campuran, pendapatan tetap dan terakhir pasar uang.

Head of Investment Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan menguatnya indeks reksa dana tidak terlepas dari kinerja underlying asset-nya yaitu saham dan obligasi yang juga mencatatkan kinerja positif pada pekan lalu.

"Kenaikan pasar saham yang lebih tinggi dibandingkan dengan obligasi, berimbas pada unggulnya kinerja reksa dana saham dan campuran dibandingkan dengan reksa dana pendapatan tetap," kata Wawan dalam keterangan tertulis, Senin (19/7).

Sementara secara year to date (ytd) kinerja terbaik masih dipimpin oleh indeks reksa dana pendapatan tetap yang menguat 5,69%.

 

Sementara itu,  minimnya risiko yang dimiliki oleh reksa dana pasar uang, membuat produk ini memiliki prospek yang baik ke depan. Bahkan, dalam kondisi pasar yang volatilitasnya cukup tinggi, kinerja reksa dana pasar uang tidak akan terlalu banyak terpengaruh.

 

Edbert Suryajaya, Head of Research & Consulting Services Infovesta Utama mengatakan, reksa dana pasar uang memiliki risiko yang relatif lebih kecil, sehingga fluktuasinya pun minim. "Yang diutamakan dari produk ini memang bukan return, melainkan likuiditas," ujarnya kepada KONTAN beberapa waktu lalu.

 

Dia memprediksi, prospek reksa dana pasar uang ke depan masih positif. Menurutnya, kenaikan Fed Rate memiliki korelasi yang kecil terhadap kinerja reksa dana pasar uang. Jika kenaikkan Fed Rate tidak diikuti dengan kenaikan suku bunga Bank Indonesia (BI 7 days reverse repo rate), maka hal itu tidak berpengaruh terhadap kinerja reksa dana pasar uang ke depan.

 

Sumber : Kontan.co.id

http://investasi.kontan.co.id/news/seluruh-indeks-menguat-reksadana-saham-unggul