Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Jumlah & Produk Reksa Dana Kian Beragam

Monday, 15 May 2017


JAKARTA - Industri reksa dana di Indonesia tidak hanya berkembang dari sisi dana kelolaan tetapi jumlah dan variasi produk pun kian beragam. Sepanjang tahun berjalan, setidaknya ada 95 produk baru. Produk reksa dana terproteksi baru paling banyak diterbitkan.

 

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah produk reksa dana yang beredar mencapai 1.495 produk pada akhir April 2017. Jumlah tersebut meningkat 81 produk dibandingkan dengan akhir 2016 yang tercatat sebanyak 1.414 produk.

 

Sepanjang Januari-April 2017, produk reksa dana terproteksi baru paling banyak diterbitkan oleh para manajer investasi (MI). Selain itu, reksa dana berbasis syariah bertambah 13 produk menjadi 148 produk.

 

Hingga pertengahan Mei 2017, Kustodian Sentral Efek Indonesia mencatat 14 produk reksa dana baru yang telah mendapat izin efektif dari OJK.

 

Legowo Kusumonegoro, Presiden Direktur Manulife Aset Manajemen Indonesia, mengatakan bahwa pihaknya menerbitkan produk baru untuk pertama kali di Indonesia yang membagikan dividen.

 

Menurutnya, produk tersebut dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin mengembangkan dana simpanannya sesuai dengan prinsip syariah. Investor  juga dapat memanfaatkan produk ini sebagai wadah untuk menyiapkan baik dana ibadah haji maupun umroh.

 

Direktur Avrist Asset Management Hanif Mantiq menuturkan, pada sisa tahun ini bakal meluncurkan dua produk baru, yakni reksa dana terproteksi dan reksa dana pendapatan tetap dengan underlying sukuk korporasi.

 

"Yang proteksi segera keluar. Satu lagi reksa dana berbasis sukuk korporasi karena lagi banyak perusahaan yang menerbitkan sukuk, salah satunya PT Aneka Gas Industri Tbk. yang menawarkan kupon 9,5%-10,75% net return-nya bisa 8%," kata Hanif  baru-baru ini.

 

Sementara itu, Mandiri Manajemen Investasi berencana untuk menerbitkan reksa dana terproteksi senilai Rp3 triliun hingga akhir tahun ini. Selain itu, perusahaan Grup Bank Mandiri ini juga sudah menerbitkan satu produk reksa dana baru pada kuartal I/2017, yakni Mandiri Bukareksa Pasar Uang Syariah.

 

Sumber : Bisnis Indonesia

http://koran.bisnis.com/read/20170515/441/653428/investasi-reksa-dana-jumlah-produk-beragam