Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Kinerja Reksa Dana Syariah Lebih Bersinar Tahun Ini

Tuesday, 21 February 2017


JAKARTA - Perburuan produk-produk reksadana baru di 2017 sudah bisa Anda mulai awal tahun. Tawarannya bukan hanya datang dari produk reksadana konvensional, juga reksadana berbasis syariah.

 

Menurut Fitzgerald Stevan Purba,  Head of Investment & Research Mega Asset, perkembangan instrumen syariah di tanah air dari tahun ke tahun semakin memiliki peran sebagai alternatif kendaraan investasi. “Untuk yang konvensional, mungkin banyak yang menilai risikonya terlalu besar atau banyak manipulasi,” kata Fitzgerald.

 

Nah, kekurangan itu yang relatif jarang ditemui pada instrumen investasi syariah. Sebab, instrumen ini sesuai dengan hukum syariat Islam.

 

Lalu dari segi risiko, instrumen syariah relatif juga lebih rendah dibanding produk investasi konvensional.

 

Penduduk Indonesia yang mayoritas muslim juga jadi dasar Mega Asset merilis produk reksadana syariah. “Bisa dibilang, pasarnya cukup potensial meski dari sisi investasi agak terbatas dibanding yang konvensional,” ujar Fitzgerald.

 

Beben Feri Wibowo, Senior Research & Analyst Pasar Dana mengatakan prospek reksadana pendapatan tetap syariah tahun ini bakal lebih bersinar ketimbang tahun lalu. Sebab, fundamental ekonomi kita cukup bagus.

 

“Imbal hasilnya kami perkirakan ada di kisaran 7% sampai 8% tahun ini,” ucap dia.

 

Obligasi yang menjadi aset dasar reksadana pendapatan tetap syariah, Beben mengungkapkan, sudah menunjukkan kinerja yang baik di awal tahun ini. Sepanjang Januari lalu, indeks obligasi syariah menguat 1,64%.

 

Per 2 Februari, indeksnya sudah merangkak naik 0,06%. Jadi, tren penguatan indeks obligasi syariah masih terjaga.

 

Edward Lubis, Presiden Direktur Bahana TCW, menyatakan, pasar obligasi tetap menarik tahun ini dan secara investasi tergolong konservatif. “Sehingga, cocok untuk pengelolaan dana abadi yang membutuhkan stabilitas yang tinggi atas volatilitas yang rendah,” katanya.

 

Sumber : Kontan.co.id

http://investasi.kontan.co.id/news/kinerja-reksadana-syariah-lebih-bersinar