Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Tahun Depan, Return RDPT Diproyeksikan Capai 7-10%

Wednesday, 31 August 2016


Kinerja reksa dana pendapatan tetap ditargetkan meraup return sekitar 7%-10% pada tahun depan. Ini seiring dengan adanya kemungkinan naiknya harga obligasi yang didorong oleh penurunan suku bunga BI Rate.

 

Di sisi lain, kinerja reksa dana pendapatan tetap berdenominasi dolar perlu dicermati seiring potensi menguatnya nilai tukar dolar AS terhadap rupiah. Berbeda dengan obligasi rupiah yang terkena dampak minimal, efek kenaikan bunga bisa berdampak langsung terhadap obligasi dolar AS.

 

"Untuk tahun ini, apabila terjadi koreksi 2%-3% pada reksa dana berbasis dolar AS bisa digunakan sebagai momentum untuk menam bah reksa dana USD," ujar Rudiyanto, Direktur Panin Asset Management.

 

Desmon Silitonga, analis Capital Asset Management memperkirakan yield SUN benchmark tenor 10 tahun diperkirakan berada pada baseline 7% dengan rentang 6,5%-7%.

 

Namun, dampak kenaikan bunga The Fed berpotensi mengerek yield ke level 7,2% pada tahun ini.

 

"Sekarang return-nya sudah 21%, sampai akhir tahun masih bisa sentuh 15%. Keputusan The Fed akan direspons negatif oleh pasar SUN yang didominasi asing. Kalau asing banyak melepas SUN, yield tahun depan bisa tertekan, tetapi masih berpotensi double digit," pungkasnya.

 

Sumber : Bisnis Indonesia