Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Semester II, Return Reksa Dana Saham Diprediksi Tumbuh 14% - 15%

Monday, 18 July 2016


JAKARTA – Pertumbuhan imbal hasil (return) reksa dana saham diproyeksikan mencapai 14% - 15% sepanjang semester II/2016, dibandingkan dengan realisasi semester I/2016 sebesar 9%.

 

Kenaikan return ini seiring ekspektasi penguatan IHSG yang lebih tinggi akibat sentimen positif realisasi tax amnesty yang berpotensi menarik dana dalam jumlah besar ke pasar modal Indonesia.

 

“Dengan kondisi dan sentimen yang ada, masih ada ruang penguatan bagi reksa dana saham sehingga di semester II return bisa tumbuh 14-15%,” kata analis Infovesta Beben Feri Wibowo di Jakarta.

 

Selain itu, sentimen positif juga didukung oleh ekspektasi membaiknya perekonomian nasional setelah pemerintah secara intensif memperbaiki dan meningkatkan jaringan infrastruktur.

 

Dari sisi pertumbuhan produk, pelaku pasar memilih menempatkan dana pada reksa dana pendapatan tetap dan terproteksi. Hal in imembuat pertumbuhan nilai aktiva bersih (NAB) reksa dana ini lebih baik dibandingkan reksa dana saham.

 

“Pertumbuhan ini ditopang atas keinginan pemodal untuk mengurangi risiko investasi. Namun demikian, reksa dana saham masih tetap menempati posisi teratas dari sisi peningkatan return,” ujarnya.

Secara year to date per Juni, return reksa dana saham mencapai 9,6%, lebih tinggi dibandigkan return reksa dana pendapatan tetap dan campuran masing-masing sebesar 9,08% dan 7,7%.

 

Hingga saat ini, produk reksa dana mencapai 1.193 unit atau naik 9,3% dibanding akhir tahun lalu 1.091 unit. Pertumbuhan industri reksa dana domestik diperkirakan tetap menjanjikan.

 

Sumber : Investor Daily