Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Reksa Dana Saham Syariah Melenggang Ketimbang Saham Konvensional

Wednesday, 11 May 2016


JAKARTA – Di tengah kondisi pasar saham yang melemah dan memasuki fase konsolidasi pada April 2016, kinerja reksa dana saham syariah tetap mampu mencetak kinerja return yang lebih baik dibandingkan reksa dana saham konvensional.

 

Hal ini didukung oleh kinerja portofolio saham syariah yang terhindar dari tekanan sektor keuangan. Selain itu, saham sektor komoditas juga naik seiring harga minyak dunia yang mulai rebound sejak awal tahun ini.

 

Hingga akhir April 2016, indeks reksa dana saham syariah mencatat tumbuh sebesar 7,77%, lebih tinggi dibandingkan dengan indeks reksa dana saham yang naik sebesar 4,97%. Sementara itu, indeks reksa dana campuran sebesar 5,75% dan indeks reksa dana pendapatan tetap menguat 6,49%.

 

Dari 182 produk reksa dana saham yang beredar di pasar, tercatat sebanyak 116 reks adana membukukan return di atas indeksnya, bahkan sebanyak 13 produk reksa dana saham mampu membukukan return sekitar 10% – 20%.

 

Sementara itu, fase konsolidasi yang membayangi pergerakan IHSG membuat manajer investasi melakukan strategi defensif dengan menempatkan investasinya di portofolio saham-saham berkapitalisasi besar sektor consumer, komoditas sawit, telekomunikasi.

 

Sumber : Bisnis Indonesia