Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Pasar Obligasi Masih Bullish, Pasar Saham Cenderung Tersendat

Wednesday, 04 May 2016


JAKARTA – Pasar surat utang domestik diperkirakan masih akan dibanjiri dana asing pada Mei dan Juni 2016, sedangkan aliran dana ke pasar saham cenderung tertahan.

 

Dalam empat bulan pertama 2016m dana asing masuk ke pasar obligasi Indonesia mencapai Rp66,4 triliun, hampir 14 kali lebih tinggi dari dana asing yang masuk ke pasar saham sebesar Rp4,78 triliun. Bahkan, capital inflow ke Indonesia ini jau lebih tinggi dibandingkan ke pasar obligasi Malaysia Rp33,935 triliun, Korea Selatan Rp46,05 triliun dan Thailand sebesr Rp58,64 triliun.

 

Analis memperkirakan dalam dua bulan ke depan aliran dana asing ke pasar obligasi domestik masih akan tersu berlanjut seiring membaiknya kondisi fundamental ekonomi yakni laju inflasi yang terkendali di level rendah dan tren penurunan suku bunga bank.

 

“Pasar obligasi masih akan positif karena dari indikator makroekonomi masih cukup bagus. Pasokan obligasi dari pemerintah lewat lelng sBN membuat pasar SUN semakin atraktif,” kata seorang analis.

 

Selain itu, berlanjutnya foreign capital inflow ke pasar obligasi Indonesia juga didorong oleh spread imbal hasil US Treasury dan SUN Indonesia msih lebar. Kemarin US Treasury 10 tahun berimbal hasil 1,81%, sementara SUN tenor 10 tahun memiliki yield sekitar 7,65%.

 

Sementara itu, aliran dana asing ke pasar saham Indonesia  masih akan terbatas seiring meningkatnya risiko yakni menurunnya kinerja emiten.

 

Sumber : Bisnis Indonesia