Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Tampung Dana Repatriasi, Prospek RDPT Kian Cerah

Monday, 18 April 2016


JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan sejumlah instrument dan terus memperdalam pasar keuangan sebagai antisipasi untuk menampung masuknya dana repatriasi dari luar negeri terkait pemberlakuan UU Tax Amnesty.

Salah satunya, dana repatriasi tersebut akan diarahkan masuk ke reksa dana penyertaan terbatas (RDPT). Karena itu, industri reksa dana RDPT ini akan semakin cerah  ke depannya.

“RDPT akan digunakan untuk membiayai sektor riil, terutama proyek infrastruktur yang sedang gencar dibangun di Indonesia,” ujar Dewan Komisioner OJK Nurhaida.

Menurutnya, RDPT merupakan instrument investasi jangka panjang yang dapat memberikan imbal hasil hingga 20%. Hingga kini, terdapat 69 RDPT dengan jumlah dana kelolaan Rp19,8 triliun. Dana tersebut banyak dimanfaatkan untuk pembiayaan sektor telekomunikasi, perumahan, dan multisektor.

“Ke depan RDPT berpotensi untuk membiayai proyek infrastruktur seperti pembangkit listrik. Karakteristik RDPT akan memberikan imbal hasil tinggi ketika proyek selesai meski pada tahap awalnya amsih rendah,” jelasnya.

Sumber : Investor Daily