Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Kinerja Reksa Dana Saham Kembali di Jalur Terdepan

Thursday, 03 March 2016


JAKARTA – Seiring dengan kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) yang tumbuh positif, Rerata tingkat pengembalian investasi (return) reksa dana saham sejak awal Januari hingga Februari 2016 mencapai 2,75%.

 

Return ini lebih tinggi dibandingkan reksa dana pendapatan tetap dan campuran yang masing-masing sebesar 2,55% dan 2,49%. Padahal tahun lalu, reksa dana fixed income mencatat return paling tinggi, sementara reksa dana saham paling jeblok.

 

Berdasarkan data Infovesta, return reksa dana saham bergerak seiring dengan pertumbuhan IHSG sebesar 3,87% (year to date). Sedangkan return reksa dana fixed income lebih tinggi dari acuannya yakni Infovesta Government Bond Index sebesar 2,48%.

 

Diperkirakan return reksa dana saham hingga akhir tahun ini bakal terus lebih unggul dibandingkan reksa dana fixed income. Hal ini disebabkan oleh kinerja IHSG dalam kondisi bullish seiring masuknya dana-dana asing.

 

Pertumbuhan industri reksa dana akan ditopang oleh membaiknya sentiment-sentimen dari dalam dan luar negeri seiring upaya pemerintah dan bank sentral sejumlah negara, termasuk Indoensia untuk menggenjot pemulihan ekonomi.

 

Sumber : Investor Daily