Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Gubernur BI: Rupiah Dalam Tren Menguat

Thursday, 18 February 2016


JAKARTA -Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sejak Desember 2015 hingga saat ini dalam tren penguatan. Bank Indonesia (BI) yakin, tahun ini rupiah akan lebih baik.

Gubernur BI, Agus Martowardojo mengatakan, BI akan menyampaikan kondisi nilai tukar yang lebih baik ini kepada pemerintah dan DPR saat proses pembahasan APBN Perubahan (APBN-P) 2016.

"Rupiah stabil dengan tren menguat, dengan meningkatnya aliran modal asing, karena persepsi positif terhadap ekonomi domestik. Selama triwulan IV-2015, rupiah menguat 6,27% ke Rp 13.785/US$," kata Agus dalam jumpa pers di Gedung BI, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Agus mengatakan, penguatan nilai tukar rupiah berlanjut hingga Januari 2016 lalu. Tren penguatan rupiah terjadi karena banyaknya modal asing yang masuk, khususnya ke instrumen Surat Berharga Negara (SBN).

"Aliran modal asing yang masuk karena persepsi positif terhadap arah perekonomian Indonesia, seiring penurunan suku bunga acuan, paket kebijakan pemerintah, dan berbagai proyek infrastruktur," jelas Agus.

"Meredanya guncangan pasar keuangan global, mendorong penguatan rupiah," imbuh Agus.

Sumber : Detikfinance.com