Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Kinerja Reksa Dana Saham Diyakini Bakal Membaik

Tuesday, 02 February 2016


JAKARTA – Meski masih melemah pada bulan awal tahun ini, kinerja reksa dana saham diyakini bakal mencatat kinerja positif pada Februari ini seiring ekspektasi membaiknya kondisi pasar saham.

“Ada potensi return reksa dana saham bulan ini bakal positif,”  kata analis Infovesta Utama Beben Feri Wibowo.

Menurutnya, hal itu dapat terjadi dengan harapan pemerintah memberikan kebijakan lanjutan yang dapat menggairahkan pasar saham. Kebijakan yang dapat menggairahkan pasar saham di antaranya penurunan lanjutan BI rate dan jika bisa penurunan lanjutan harga BBM.

Tercatat return reksa dana saham pada Januari sebesar minus 0,15%, lebih rendah dibandingkan kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) sebesar 0,48%. Minusnya return reksa dana saham, karena pasar saham masih tertekan.

Pelemahan pasar saham tidak terlepas dari penurunan harga minyak mentah dunia. Harga minyak sempat menyentuh level US$ 30 per barel pada Januari tahun ini. “Serta terpengaruh tekanan kondisi ekonomi Tiongkok,” ujar dia.

 Infovesta Utama memproyeksikan industri reksa dana bertumbuh tahun ini. Pertumbuhan industri reksa dana bakal terjadi dari sisi dana kelolaan (asset under management/AUM) maupun dari sisi unit penyertaan.

Pertumbuhan industri reksa dana akan ditopang oleh membaiknya sentimen-sentimen dari dalam maupun luar negeri. Hal tersebut seiring dengan berbagai upaya pemerintah maupun bank sentral sejumlah negara besar untuk menggenjot pemulihan ekonomi.

“Pilihan reksa dana yang terbaik harus disesuaikan dengan profil risiko masing-masing serta kebutuhan likuiditasnya,” ungkap analis Infovesta Utama Praska Putrayanto.

Membaiknya sentimen-sentimen domestik dan global juga akan mendongkrak kinerja IHSG tahun ini. Dia memprediksi IHSG tahun ini tumbuh 10,9-14,2%.

Sumber : Investor Daily