Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Return Reksa Dana Saham Bisa Capai 14,8% Tahun Ini

Monday, 25 January 2016


JAKARTA – Rata-rata tingkat pengembalian investasi (return) reksa dana saham tahun ini diproyeksikan mencapai 11,3% - 14,8%, jauh lebih baik dari realisasi tahun lalu yang minus 14,5%. Proyeksik ini juga melampaui pertumbuan indeks harga saham gabungan (IHSG) 2016 yang diprediksi 10,9% - 14,2%.

Kenaikan harga saham akan ditopang oleh membaiknya perekonomian nasional, seiring gencarnya pembangunan infrastruktur. Pertumbuhan ekonomi diproyeksikan membaik dari sekitar 4,73% pada 2015 menjadi sekitar 5,3%.

 Analis memperkirakan industri reksa dana tahun ini bakal tumbuh mengikuti apsar saham dan SUN. Namun, return reksa dana saham tahun ini akan lebih tinggi dari reksa dana pendapatan tetap naupun reksa dana campuran. Kedua jenis reksa dana terakhir diprediksi tumbuh 7% - 7,7% dan 9,4% - 11,6%.

Untuk reksa dana pasar uang, bakal dipengaruhi oleh sentiment penurunan suku bunga acuan Bank Indoensia. Bila BI menurunkan kembali suku bunga BI Rate, ada peluang suku bunga deposito menurun sehingga return reksa dana pasar uang cenderung turun sedikit atau stagnan dari tahun lalu sekitar 7%.

Sepanjang tahun ini, diperkirakan investor ritel akan memburu reks adana pasar uang dan pendapatan tetap. Sementara, investor institusi cenderung menempatkan portofolio di reksa dana saham.

Sumber : Investor Daily